Jakarta (IndonesiaMandiri) – Sebentar lagi kita rayakan Tahun Baru Imlek. Bagi para wisatawan, momentum ini merupakan salah satu periode wisata tahuna
Meski masih pandemi, tren wisatawan untuk merayakan Imlek diluar kota tetap tinggi |
Tahun ini wisatawan menemukan destinasi di daerah terpencil serta mengunjungi kembali tempat-tempat wisata lama. Wisatawan keluarga atau grup adalah tipe yang paling populer dan beberapa traveler memanjakan diri dengan menginap di tempat lebih mewah. Ada juga kenaikan dalam tren pencarian dan pemesanan untuk Agoda Homes – akomodasi non-hotel yang menawarkan lebih banyak fasilitas dengan kenyamanan rumah seperti dapur, ruang tamu dan kamar tidur.
Dengan banyaknya perbatasan perjalanan internasional yang ditutup di masa pandemi, di Tahun Baru Imlek ini destinasi domestik siap jadi tujuan wisata. Tempat seperti Xian (China), Medan (Indonesia) dan Langkawi (Malaysia), untuk pertama kalinya masuk ke dalam daftar 8 tujuan wisata domestik yang menunggu untuk dijelajahi di libur Tahun Baru Imlek.
Di wilayah-wilayah ini, keluarga dan grup wisatawan menempati posisi pertama karena banyak yang merencanakan merayakan Tahun Baru Imlek dengan orang-orang terdekat. Traveler dari Thailand dan Indonesia memfokuskan untuk lebih banyak berwisata dengan keluarga dan teman di tahun ini, menyalip posisi pasangan sebagai top traveler type dibandingkan tahun lalu.
Namun, wisatawan pasangan menggantikan posisi grup wisatawan atau keluarga sebagai traveler Tahun Baru Imlek yang paling populer di China tahun ini, dan terus mendominasi tempat tertinggi di Jepang dan Filipina. Di Jepang, solo traveler tetap menempati posisi terpopuler nomor dua.
Traveler dari Malaysia, Indonesia dan Vietnam memanfaatkan penawaran besar untuk mengupgrade penginapan mereka ke akomodasi bintang 4-5 untuk merayakan Imlek, sementara traveler dari China tetap memilih menginap di akomodasi mewah. Ketika hotel terus naik peringkat dibandingkan akomodasi non-hotel, termasuk service apartment, hunian unik, villa dan resort, pilihan non-hotel jadi lebih populer di kalangan traveler dari Indonesia, Malaysia, Taiwan dan Vietnam.
“Sama seperti Kerbau Logam di zodiak China, traveler di Asia membuktikan ketahanan dan kekuatan mereka di Tahun Baru Imlek ini melalui semangat untuk berwisata dan mengunjungi banyak destinasi domestik. Berbeda dengan waktu sebelum pandemi, data kami menunjukkan bahwa pantai dan pedesaan jadi destinasi yang lebih populer dibandingkan dengan kota besar dan destinasi yang menguras energi mereka,” ucap Timothy Hughes, Vice President Corporate Development Agoda.
Wisatawan di Kamboja, Indonesia, Malaysia, Filipina, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, dan Vietnam bisa menikmati Lunar New Year Sale dari Agoda dan mendapatkan diskon hingga 80% untuk berbagai tipe akomodasi. Periode pemesanan mulai 28 Januari hingga 16 Februari 2021 dengan masa menginap pada 28 Januari – 30 April 2021.