Jakarta (IndonesiaMandiri) – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Agoda mengumumkan pemenang kompetisi fotografi dengan tema Permata Kotaku, yang bertujuan mempromosikan keindahan destinasi pariwisata Indonesia melalui karya foto. Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf keterangannya di Jakarta beberapa hari lalu, kompetisi foto ini untuk memperkenalkan keindahan pariwisata nusantara di berbagai daerah Indonesia, diikuti lebih dari 800 entri yang menampilkan destinasi wisata dari Sabang sampai Merauke.
Pemenang pertama lomba foto mengambil lokasi di Bukit Cinta Bromo, Jawa Timur |
Nia Niscaya, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf keterangannya di Jakarta beberapa hari lalu, kompetisi foto ini untuk memperkenalkan keindahan pariwisata nusantara di berbagai daerah Indonesia, diikuti lebih dari 800 entri yang menampilkan destinasi wisata dari Sabang sampai Merauke.
“Kami sangat mengapresiasi program kompetisi foto ‘Permata Kotaku’ yang digagas oleh Agoda. Program ini dapat menggambarkan keindahan destinasi-destinasi wisata di Indonesia dalam sebuah frame, karena sebuah foto dapat menggambarkan ribuan kata dan deskripsi secara visual," ujar Nia. Selain itu, program ini dapat menambah konten dan sarana promosi pariwisata Indonesia.
"Sehingga dapat menginspirasi dan menjadikan Indonesia sebagai destinasi pilihan utama di Asia Pasifik," tambah Nia. Pemenang pertama kompetisi fotografi 'Permata Kotaku' disabet Arie Basuki pemilik akun Instagram @arbasbarong. Kemudian runner-up pertama Hendri Suhandi dengan pemilik Instagram @ghaniandlia dan runner-up dua oleh Muchtamir pemilik Instagram @muchtamir_.
Ketiga pemenang dipilih juri dari Agoda dan fotografer ternama di Tanah Air, diantaranya Arbain Rambey dan Aryono Huboyo Djati. Prosesnya merupakan keputusan sulit, karena harus menyeleksi lebih dari 800 foto luar biasa yang diunggah ke Instagram, menunjukkan pemandangan tak biasa, budaya yang memesona, serta tempat-tempat menarik dari seluruh penjuru nusantara.
Aryono Huboyo berharap dengan adanya kompetisi fotografi 'Permata Kotaku' dapat memunculkan daya tarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata yang dipotret para peserta lomba. Sementara itu, Country Director Agoda, Indonesia, Gede Gunawan, mengaku puas atas antusiasme masyarakat dalam mengikuti kompetisi ‘Permata Kotaku’ yang digelar sebagai bagian dari kampanye Agoda Go Local.
“Agoda amat gembira melihat antusiasme dan konten luar biasa yang diikutsertakan warga dalam kompetisi ini, menangkap dengan baik keragaman dan magnet negara ini. Seiring dengan pariwisata yang mulai bangkit lagi, kami berharap hal ini bisa menginspirasi masyarakat untuk mulai bepergian ke tempat-tempat yang dekat dan menemukan lebih banyak lagi permata,” puji Gede Gunawan.
Pemenang kompetisi foto, Arie Basuki, mengaku tak menyangka terpilih sebagai pemenang. Sebab, pengambilan foto di Bromo kala itu dikatakannya bukan momentum yang direncanakannya. "Saya awalnya hanya ingin memotret suasana matahari terbit di Bukit Cinta Bromo. Namun, hasil fotonya kurang memuaskan karena cuaca agak berkabut. Akhirnya pagi langsung turun ke lautan pasir, pas kebetulan ada warga Tengger lewat dengan kondisi cahaya mendukung,” cerita Arie (ag/ma).