Bali (IndonesiaMandiri) – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program Pasar Laut Indonesia (PLI), yang akan menjadi payung program bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM unggulan KKP untuk dipromosikan sebagai bagian dari program Bangga Buatan Indonesia.
UMKM bidang kelautan terus didorong dan diberi stimulus agar memiliki daya saing yang kuat |
Bali (IndonesiaMandiri) – Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan program Pasar Laut Indonesia (PLI), yang akan menjadi payung program bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM unggulan KKP untuk dipromosikan sebagai bagian dari program Bangga Buatan Indonesia.
Pasar Laut Indonesia akan memilih beragam produk UMKM binaan KKP, sekaligus ada seleksi unggulannya. Produk unggulan ini akan dipromosikan dengan beragam strategi pemasaran efektif melalui event dan media komunikasi konvensional maupun digital.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, pelambatan pertumbuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19 telah berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat, tidak terkecuali menurunnya pembelian terhadap produk-produk UMKM, termasuk produk UMKM sektor kelautan dan perikanan.
Menurut Luhut, peluncuran PLI merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, yakni hadir membantu UMKM berdasarkan kewenangannya masing-masing. "Di antaranya memelopori pembelian produk UMKM, membantu mempromosikan produk UMKM, serta memasukkan produk UMKM dalam ekosistem digital," jelas Luhut (19/8).
Luhut pun mengapresiasi peluncuran program PLI dan Sistem Resi Gudang Ikan secara virtual dalam rangka melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di sektor kelautan dan perikanan guna memfasilitasi produk UMKM agar menjadi produk yang unggul dan berdaya saing.
Selain itu, lanjut Luhut, agar produk UMKM lebih mudah diakses sehingga masyarakat Indonesia semakin bangga dan memiliki rasa nasionalisme tinggi untuk mencintai dan membeli produk kelautan dan perikanan dari hasil karya anak bangsa. Harapannya, melalui PLI dapat mendorong national branding produk lokal unggulan, menumbuhkan perekonomian daerah dan nasional yang akhirnya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, UMKM, dan bangsa Indonesia (dh).
Foto: abri